Written by 11:16 am Industri

Ini Kelebihan Menggunakan Lantai Epoxy Motif Marmer

Lantai Epoxy Motif Marmer

Lantai epoxy motif marmer adalah alternatif terbaik untuk Anda yang ingin menghadirkan kesan mewah dengan harga epoxy lantai yang murah pada rumah.  Hal ini dikarenakan, lantai epoxy dengan motif marmer pada dasarnya hanya menggunakan material pelapis epoksi.

Oleh karena itu, biaya pemasangannya dipastikan lebih terjangkau dibandingkan memasang lantai marmer. Meski murah, tampilannya akan serupa dengan marmer yang umum digunakan di bangunan-bangunan mewah.

Perbedaan Lantai Epoxy vs Keramik

Lantai epoxy adalah inovasi lama yang kini kian populer di masyarakat. Hal ini dikarenakan, lantai jenis ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan tipe lantai lainnya, termasuk lantai keramik.

Sebagai informasi, sekilas, tampilan lantai keramik dan lantai epoxy memang tampak sama. Di mana warnanya sama-sama mengilap, memiliki tekstur yang halus, dan terkesan rata.

Namun, ada beberapa hal yang menjadi pembeda antara keduanya. Di antara perbedaan tersebut, yang pertama ada di segi pengaplikasiannya.

Untuk mengaplikasikan keramik pada lantai, biasanya diterapkan semen terlebih dulu. Kemudian, keramik bisa dipasang satu per satu ketika kondisi lantainya masih basah.

Oleh karena itu, pemasangan lantai jenis ini tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi, jika keramik dipasang oleh satu atau dua orang saja, sementara ruangannya terbilang luas.

Lain halnya dengan epoxy, pengaplikasian produk ini pada lantai tidak jauh berbeda dengan menerapkan cat pelapis. Yang mana, epoxy bisa dituangkan langsung dan diratakan pada permukaan lantai yang sudah kering.

Perbedaan lainnya ada di segi durabilitas yang dihasilkan berkat material tiap-tiapnya. Pada keramik, material ini memiliki kekuatan yang bisa dikatakan cukup baik, tetapi durabilitas tiap-tiap jenisnya bisa dikatakan sama.

Sementara itu, daya tahan lantai epoxy sangat tergantung pada ketebalannya yang terdiri dari 300 mikron hingga 3000 mikron. Meski berbeda-beda, ketebalan lantai epoxy bisa dikatakan jauh lebih baik dibandingkan keramik.

Kemudian, estetika antara lantai keramik dan lantai epoxy juga berbeda sebab sifat keduanya yang tidak sama. Pada keramik, Anda bisa memilih salah satu dari berbagai motif yang telah tersedia di tiap-tiap produknya. Sementara di lantai epoxy, Anda bisa menentukan desain seperti apa yang ingin dihadirkan pada lantai.

Manfaat Epoxy Lantai Metallic dengan Motif Marmer

Pada dasarnya, lantai epoxy motif marmer adalah salah satu dari banyaknya desain yang bisa dihadirkan di lantai metalik. Sementara itu, lantai metalik merupakan jenis epoxy lantai yang dibuat dengan menerapkan pigmen-pigmen metalik saat pengaplikasiannya berlangsung.

Sederhananya, lantai bermotif ini termasuk dalam kategori epoxy lantai 3D. Jika sebelumnya Anda sudah mendapatkan banyak informasi mengenai epoxy, tentu tahu jika pelapis lantai ini dapat diaplikasikan dengan warna-warna tertentu.

Selain itu, lantai yang dilapisi epoxy juga bisa diterapkan dengan motif 3D, seperti motif marmer. Jika bertanya mengenai manfaatnya, lantai metalic dengan motif marmer ini mampu memberikan kesan mewah pada ruangan.

Tak hanya itu, warnanya yang umumnya tampak hangat dapat memberikan kesan tenang pada siapa pun yang melihatnya. Karena hal itu, lantai dekoratif motif marmer sangat cocok dihadirkan di tempat-tempat seperti ruang tunggu, restoran, hingga galeri.

Namun, tidak ada salahnya memilih motif ini untuk dihadirkan di lantai rumah. Manfaat lainnya, berkat bahan epoksi pada lantai, perawatannya dipastikan akan lebih mudah dan murah. Hal ini dikarenakan, lantai epoxy yang rata dan halus mampu menjadikannya lebih mudah dibersihkan.

Kelebihan Lantai Epoxy Marmer

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, lantai epoxy motif marmer merupakan alternatif lain jika Anda kurang tertarik dengan lantai epoxy biasa. Yang mana, umumnya lantai epoxy biasa dihadirkan dengan warna-warna glossy saja.

Sebagai informasi, warna cat epoxy lantai yang biasa dihadirkan di antaranya, putih, orange, hitam, hingga hijau. Selain itu, Anda juga bisa memesan lantai epoxy dengan warna favorit pada kontraktor.

Selain epoxy berwarna, lantai epoxy juga bisa didesain dengan motif marmer. Untuk mendapatkan lantai bermotif marmer, biasanya digunakan cat epoxy yang sudah mengandung pigmen kecil serupa glitter di dalamnya.

Jadi, ketika cat epoxy dituangkan ke lantai, pigmen tersebut akan menyebar dan menghasilkan desain menarik saat roller meratakannya. Tampilan menarik dan terkesan mewah pada lantai epoxy motif marmer merupakan salah satu kelebihan epoxy jenis ini.

Di sisi lain, biaya yang harus dikeluarkan untuk memasang lantai epoxy mewah ini terbilang murah. Hal ini jelas jadi kelebihan lantai epoxy marmer yang tidak bisa didapatkan dari jenis lantai lainnya.

Jasa Epoxy Lantai Metalik Motif Marmer

Saat ini, ada banyak perusahaan jasa yang menawarkan layanan pemasangan cat untuk lantai rumah berbahan epoxy. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan jasanya, mencarinya dipastikan akan sangat mudah.

Namun, jika Anda tertarik menerapkan lantai epoxy motif marmer, sebaiknya tidak asal memilih jasa. Hal ini dikarenakan, tidak semua penyedia jasa dapat melayani penerapan lantai epoxy motif dekoratif seperti marmer.

Meski begitu, Anda bisa menemukannya dengan mencari informasi seputar jasa epoxy lantai metalik motif marmer di internet. Kemudian, mencari tahu seputar layanan tiap-tiapnya di laman situs web resmi milik perusahaan penyedia jasa.

Jika ingin mendapatkan jasa yang lebih terpercaya, Anda bisa bertanya pada kenalan yang pernah mengaplikasikan epoxy marmer. Entah itu kerabat, partner kerja, entah yang lainnya.

FAQs

Epoxy lantai memiliki sifat yang halus dan rata. Akan tetapi, epoxy tidak licin sebab terdapat teknologi slip resistant di dalamnya.

Pada umumnya, cara epoxy lantai dapat bertahan hingga 10 tahun. Namun, lamanya epoxy lantai bisa bertahan sangat tergantung pada material, ketebalan, serta beban lantai.

Epoxy dapat berfungsi sebagai insulator sebab sifatnya yang tahan terhadap panas.

(Visited 54 times, 1 visits today)

Last modified: March 2, 2023

Close